Perjalanan Hidup yang Memotivasi dari Ibu Menteri Susi Pudjiastuti

Halo semuanya✋ Apa kabar kalian semua? Semoga selalu sehat dan bahagia ya!๐Ÿ’“. Aku disini ingin membahas kisah hidup dan kegigihan dari Menteri Kelautan dan Perikanan yaitu Ibu Susi Pudjiastuti. Selamat Membaca Kawan-Kawan๐Ÿ˜Š



Kalian lihat kan wanita yang sedang tersenyum? Yap, pasti kalian sudah tau jawabannya. Itu adalah Ibu Susi Pudjiastuti, sangat cantik bukan? Beliau adalah wanita hebat yang sangat mengisnpirasi kita bagi para generasi millenial. Mau tau ceritanya? Yuk simak pembahasan berikut!๐Ÿ˜‰

Siapa yang tidak mengenal Ibu Susi Pudjiastuti. Wanita yang menjadi menteri di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo ini adalah salah satu sosok wanita yang layak menjadi contoh teladan atas kegigihan dan kesuksesannya. Tidak heran, meskipun tidak bisa menyelesaikan sekolah hingga pendidikan menengah, Beliau tetap bisa menjadi seorang pengusaha sukses dan tetap sederhana dalam kesehariannya.
KISAH HIDUP SUSI PUDJIASTUTI
Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965. Beliau merupakan putri seorang peternak dan penjual hewan potong seperti sapi dan kerbau. Sapi dan kerbau tersebut menjadi penghasilan pasangan orangtua Susi Pudjiastuti yakni H. Ahmad Karlan dan Hj. Suwuh Lasminah.
Saat remaja SMP, beliau memutuskan untuk putus sekolah, ketika anak SMP memikirkan untuk menyelesaikan sekolah, beliau melakukan bisnis menjual pakaian dan bed cover. Setelah berhenti sekolah, beliau memiliki jiwa berbisnis yang tinggi, sehingga dia mulai menekuni bisnis jual-beli ikan.
Beliau menekuni bisnis perikanan dengan serius, beliau memiliki pelelangan ikan dan menawarkan hasil pelelangan tersebut ke restoran-restoran, walaupun banyak restoran yang tidak percaya saat beliau menawarkan hasil produksinya tersebut, beliau tetap konsisten dan semangat dalam menawarkan hasil produksinya, dan akhirnya dapat diterima oleh konsumen. Hingga sekarang bisnis perikanan beliau menjadi terkenal dan memiliki banyak konsumen.
Memiliki bisnis yang sukses, beliau juga banyak mengalami hambatan, yaitu beliau mengkhawatirkan kesegaran hasil laut yang akan dikirimkan ke konsumen, beruntung hal tersebut dapat ditangani, suaminya yang seorang pilot sangat mendukung pengiriman hasil laut tersebut, sampai pada akhirnya beliau memiliki sebuah pesawat yang mampu mengakomodir kebutuhan tersebut, tetapi dalam memiliki sebuah pesawat bukanlah hal yang mudah, beliau harus menunggu selama 5 tahun ketika mengajukan pinjaman ke sebuah bank sebagai dana yang digunakan untuk mengembangkan bisnisnya tersebut. Setelah dana tersebut cair, beliau membangun landasan pesawat di Pangandaran dan memiliki 2 unit pesawat Cessna. Perjuangan ini merupakan titik awal bisnis yang lebih maju.
Pada tahun 2004, terjadi tsunami Aceh yang menggetarkan hati wanita hebat yang penuh perjuangan, yaitu Ibu Susi Pudjiastuti. Beliau membantu dengan menawarkan pesawatnya untuk mengirim bantuan ke Aceh, kedermawanan tersebut berbuah manis, yang membuat banyak permintaan dari LSM dalam dan luar negeri. Setelah mendapat berkah tersebut, Beliau mengembangkan bisnisnya menjadi penyedia jasa transportasi berbagai produk di bidang perikanan. Nama “Susi Air” kemudian banyak didengar oleh para penggiat bisnis perikanan.
Susi Pudjiastuti semakin terkenal sebagai pengusaha sukses, sehingga menarik perhatian Bapak Jokowi yang memilihnya menjadi menteri, walaupun beliau adalah menteri yang tidak memiliki gelar panjang seperti menteri lainnya, Bapak Presiden tetap memilihnya, hal tersebut membuat kebingungan di masyarakat. Ini alasan Bapak Jokowi memilih beliau, kinerja dan pencapaian yang tinggi, kini Susi Pudjiastuti yang masih aktif berbisnis dengan tetap menjaga dedikasinya sebagai menteri cukup banyak disegani masyarakat Indonesia.
Sampai saat ini beliau banyak menjadi teladan dalam bekerja, karena kegigihan dan kinerja beliau dalam mencapai kesuksesan, dan dedikasi yang tinggi dalam berbisnis.
Nah, sekarang kalian sudah tau kan kisah kehidupan dari Ibu Susi Pudjiastuti. Sangat mengisnpirasi bukan? Tentunya kita harus meneladani sikap beliau, dan menghargai kebijakan yang telah dia buat bagi masyarakat. Selanjutnya aku akan menganalisis perilaku beliau terutama kegigihan beliau dalam mencapai kesuksesan. Simak Pembahasan Berikut!๐Ÿ˜€
ANALISIS
Motivasi mengacu pada kekuatan dalam diri seseorang yang menjelaskan arah, tingkat, dan kegigihan serta upaya yang dilakukan di tempat kerja. (Schermerhorn/ Hunt/ Osborn/ Uhl-Bien, 2010)

Dari pengertian motivasi diatas dapat dikatakan bahwa Ibu Susi Pudjiastuti mrmiliki kekuatan diri yang membuat beliau dapat menjelaskan arah hidupnya yaitu memutuskan untuk berbisnis, walaupun tidak melanjutkan sekolah menengah, beliau memiliki kegigihan serta upaya bagi bisnis perikanan yang ditekuninya. Kegigihan dan upaya yang beliau lakukan adalah pada saat pertama kali merintis bisnis pelelangan ikan, beliau selalu konsisten dalam menawarkan hasil lautnya tersebut, hingga mendapatkan kepercayaan dari konsumen. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa beliau memiliki motivasi yang tinggi dalam meraih kesuksesannya tersebut, dengan kegigihan dan upaya pantang menyerah merupakan sikap beliau yang patut di teladani. 

Teori Hierarki kebutuhan Maslow, menawarkan piramida kebutuhan fisiologis, keselamatan dan aktualisasi diri.

Kebutuhan Tingkat Tinggi dalam Hierarki Maslow merupakan bukti harga dan aktualisasi diri.
  • Self-Actualization, Tingkat kebutuhan yang tinggi,  karena diperlukan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, untuk tumbuh dan menggunakan kemampuan sepenuhnya dan lebih kreatif.
  • Esteem, Kebutuhan untuk menghargai orang lain, rasa hormat, kebutuhan akan harga dan rasa kompetensi pribadi dan penguasaan.
Dari teori Hierarki kebutuhan tingkat tinggi yang di kemukakan oleh Maslow, dapat dinyatakan bahwa Susi Pudjiastuti memiliki aktualisasi diri yang baik, ketika beliau memutuskan untuk berbisnis, beliau menggunakan kemampuan sepenuhnya sehingga para konsumen memberikan kepercayaannya kepada beliau, baik dalam hasil laut maupun pengiriman hasil laut yang sangat ditangani oleh beliau. Esteem, yang berarti memiliki rasa kompetensi pribadi dan penguasaan. Susi Pudjiastuti tentunya sangat percaya diri karena memiliki rasa kompetensi pribadi, yang membuat beliau memutuskan untuk menekuni dunia bisnis, rasa kompetensi pribadi yang dimiliki beliau sangat berpengaruh dalam kemajuan bisnisnya, beliau merasa mampu dan sanggup untuk mengembangkan bisnis hingga sukses.

Kebutuhan Tingkat Rendah dalam Hierarki Maslow merupakan fisiologis keselamatan dan sosial.
  • Social, Kebutuhan  akan cinta, kasih sayang, rasa memiliki dalam hubungan seseorang dengan orang lain.
  • SafetyKebutuhan akan keamanan, perlindungan, dan stabilitas dalam peristiwa fisik dalam kehidupan sehari-hari
  • Physiological, Hal paling mendasar dari semua kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan untuk pemeliharan biologis, kebutuhan untuk makan dan minum.
Dari teori Hierarki Kebutuhan Tingkat Rendah yang dikemukakan oleh Maslow, dapat dinyatakan bahwa Susi Pudjiastuti memiliki jiwa sosial yang tinggi, ketika beliau sudah sukses dalam bisnisnya, beliau tidak lupa untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah, seperti pada tahun 2004 beliau membantu korban tsunami aceh. Beliau juga memiliki jiwa keamanan dan perlindungan ketika menjalani tugasnya sebagai menteri kelautan dan perikanan, yaitu kebijakannya yang sangat tegas dalam melindungi sumber daya laut Indonesia, beliau memperketat penjagaan wilayah perairan Indonesia agar tidak banyak orang dari negara lain yang tanpa izin mengambil sumber daya laut Indonesia yang sangat kaya.

Teori Douglass McGregor menjelaskan Teori X dan Teori Y.
  • Teori X, asumsi bahwa karyawan tidak menyukai pekerjaan, malas, tidak menyukai tanggung jawab, dan harus dipaksa untuk tampil.
  • Teori Y, asumsi bahwa karyawan menyukai pekerjaan, kreatif, mencari tanggung jawab, dan dapat melatih tujuan diri.
Dari Teori diatas dapat dinyatakan bahwa Susi Pudjiastuti memiliki perilaku yang sangat mirip dengan Teori Y, yaitu beliau mempunyai kreatifitas diri, yaitu memutuskan untuk menekuni dunia bisnis, serta memiliki tanggung jawab, beliau sangat bertanggung jawab atas arah kehidupan yang telah dipilih, sehingga mengantarkan beliau menjadi pebisnis yang sukses.

Kesimpulannya, dari semua pernyataan diatas dapat kita ketahui Susi Pudjiastuti memiliki motivasi hidup yang tinggi, melalui kegigihan dan upaya yang beliau lakukan, serta sikap tanggung jawab terhadap pilihan hidupnya. Kisah inspiratif beliau dapat dijadikan contoh bagi kita para generasi millenial, dengan segala kemajuan teknologi yang kita nikmati sekarang kita dapat lebih mudah untuk meraih sukses, tergantung niat dan usaha. Susi Pudjiastuti tidak pernah menyerah walaupun banyak keterbatasan dan hambatan dalam meraih sukses. 

Sekian kawan-kawan pembahasan dari aku, semoga bermanfaat ya bagi kita semua. Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya! bye-bye๐Ÿ‘


SUMBER REFERENSI :

Schermerhorn, Hunt, Osborn, Uhl-Bien. 2010. Organizational Behavior (11th ed). New Jersey: John Wiley & Sons,Inc.

Robbins, Judge. 2013. Organizational Behavior (15th ed). New Jersey: Pearson Education, Inc. 












Komentar

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJAWAB KEMBALI SOAL UTS PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Review Chapter 1&2 Dari Buku Ronald E. Riggio

Review Chapter 1&2 Dari Buku Frank J. Landy and Jeffrey M. Conte